Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan, Penting untuk Ketahanan Badan

             


Yaslanrambah.com ~  Lari jarak jauh atau maraton sebagai satu antara olahraga lari yang terhitung tipe olahraga kardio. Lari maraton tempuh jarak 42,195 km.

Selainnya untuk kejuaraan dan perlombaan, lari maraton sekarang jadi moment yang paling membahagiakan untuk warga umum yang tinggal di wilayah perkotaan.

Beragam acara maraton dengan beragam ide juga tumbuh subur dengan berbagai serangkaian, seperti fun run, marathon night run, beach run, trail run, color run, dan lain-lain.

Lomba lari tentu saja mempunyai kelompok jarak yang bermacam, mulai 5k, 10k, Half Marathon/HF (21k), Full Marathon/FM (42k), sampai ultramarathon.

Seperti perannya olahraga, lari maraton terang memberi imbas positif untuk kesehatan badan. Lari ini bila dilaksanakan dengan teratur akan tingkatkan ketahanan badan (endurance).

Berikut faedah lari maraton untuk kesehatan, diambil dari Klikdokter,

Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan

1. Membakar Kalori Semua Badan

Lari maraton sanggup membakar kalori semua badan. Karenanya, lari maraton menjadi satu antara langkah untuk turunkan berat tubuh.

Cuma, jumlah kalori yang terbakar bergantung dari beragam factor, yakni tipe kelamin, umur, dan berat tubuh.

Tipe kelamin lelaki, dan umur muda akan membakar semakin banyak kalori. Disamping itu, semakin besar berat tubuh seorang, lebih banyak pula kalori yang terbakar. Pada umumnya, kalori yang terbakar saat maraton dapat capai 2.600 kalori.

2. Membuat Badan

Saat lari, sebagian besar otot badan Anda akan bekerja. Tidaklah aneh jika faedah lari maraton bisa membuat badan, khususnya otot.

Meskipun arah khusus dari banyak orang yang memperdalam maraton ialah turunkan berat tubuh, kadang arah ini tidak selamanya terwujud.

Tetapi, tenang saja. Walau berat tubuh Anda tidak turun, massa otot Anda semakin bertambah dan lemak Anda akan menyusut. Dengan demikian, Anda memperoleh badan yang fit dan kuat.

Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan

3. Sebagai Fasilitas Bergaul

Aktivitas lari memanglah bisa dilaksanakan sendirian. Tetapi, banyak pula aktivitas lari yang sudah dilakukan bersama dengan keluarga atau rekan.

Dengan ikuti gelaran lari ini, Anda bisa berjumpa dengan rekan-rekan pecinta lari yang lain. Oleh karenanya, faedah lari maraton ialah buka peluang baik untuk Anda untuk bergaul.

Di jaman kekinian seperti sekarang ini, benar-benar gampang untuk tukar nomor smartphone dan bercengkerama lewat sosial media. Apa lagi jika Anda tergabung dengan komune maraton, tentunya ini akan meluaskan jaringan persahabatan Anda.

4. Tingkatkan Situasi Hati

Faedah lari maraton untuk kesehatan, satu salah satunya ialah hilangkan depresi. Saat Anda olahraga, badan akan melepas hormon endorfin. Hormon endorfin berperanan untuk menurunkan depresi dan memacu kebahagiaan.

Tersebut kenapa, latihan maraton dengan teratur bisa tingkatkan rasa suka dan menentramkan pemikiran Anda. Apa lagi jika Anda lari di lingkungan dengan panorama cantik.

Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan

Beberapa olahragawan berkompetisi dalam lari maraton di bawah 2 jam pada moment Breaking2 di Circuit Monza, Italia, Sabtu (6/5). Breaking2 sendiri ialah pengembangan NIKE untuk tembus batasan waktu 2 jam dalam sebuah marathon. (AP Foto/Luca Bruno)

5. Tingkatkan Kekuatan Badan

Lari maraton memerlukan latihan yang teratur dan lumayan berat. Mustahil Anda langsung bisa lari sepanjang 42 km secara mendadak, terlebih jika Anda baru memulai terjun di dunia lari.

Latihan diawali dari jarak yang sedikit jauh seperti 5 km dan setahap. Ini memiliki arti Anda latih badan untuk tingkatkan batasan kekuatannya secara perlahan-lahan sampai capai jarak yang diharapkan.

Dengan lakukan latihan yang perlahan-lahan, tapi tentu secara stabil, tanpa Anda ketahui badan Anda akan jauh jadi lebih kuat dan fit.

6. Latih Jantung

Lari akan perkuat otot jantung hingga peredaran darah - khususnya darah bersih yang kaya oksigen - ke semua badan jadi lancar.

Akan tetapi, lari maraton yang sudah dilakukan dengan benar-benar dipaksa malah bisa beresiko untuk kesehatan jantung. Maka dari itu, saat sebelum lari maraton seharusnya siapkan diri Anda secara baik.

Latihan dengan teratur dan test kesehatan saat sebelum lakukan lari maraton penting. Tetapi, jika Anda mempunyai permasalahan jantung, seharusnya jangan memaksa diri untuk lari maraton.

Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan

Beberapa pelari putri melewati Jalan MH Thamrin saat ikuti lari maraton putri nomor 42 km Asian Game 2018, Jakarta, (26/8). Medali perak dicapai oleh Nogami Keiko dari Jepang dengan waktu catatan 2 jam 36 menit 27 detik. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

7. Membenahi Kualitas Tidur

Untuk Anda yang susah tidur, lari maraton menjadi satu antara jalan keluar untuk Anda. Lari maraton mengakibatkan badan Anda jadi capek. Pada kondisi capek, Anda semakin lebih gampang tertidur. Di saat Anda tidur berikut terjadi pembaruan beberapa sel badan.

Disamping itu, karena maraton sebagai kegiatan yang berat, tidur Anda bisa menjadi nyenyak. Kerap terjaga di tengah-tengah tidur tentunya tidak nyaman dan membuat Anda tidak fresh saat bangun.

Lari maraton dapat menolong menangani permasalahan itu hingga kualitas tidur Anda jadi jauh lebih bagus.

8. Membuat Yakin Diri

Faedah lari maraton yang kemungkinan sedikit orang tahu ialah tingkatkan keyakinan diri. Dalam penyiapan hadapi maraton, tentunya diperlukan latihan yang keras. Disamping itu, penyiapan maraton mustahil dilaksanakan dalam periode waktu pendek.

Tidak seluruhnya orang yang mendaftarkan maraton dapat capai garis finish. Saat Anda ialah salah seseorang yang dapat capai garis finish, Anda akan berasa Anda dapat hadapi semua masalah dalam kehidupan.


Post a Comment for " 8 Faedah Lari Maraton untuk Kesehatan, Penting untuk Ketahanan Badan"