Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Faedah Konsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan

Yaslanrambah.com ~ Makanan dengan cita-rasa pedas sering jadi bintang untuk sebagian orang. Jumlahnya opsi makanan pedas di Indonesia jadi bukti begitu suka warga mengkonsumsinya.



Sumber makanan pedas bukan hanya dari cabe semata-mata. Ada banyak tipe makanan yang dapat memunculkan rasa pedas, seperti lada dan paprika.

Walau konsumsi makanan pedas bisa mengganggu pencernaan, tapi jika dimakan sama sesuai ukuran, dapat datangkan faedah bagus untuk kesehatan.

Ada beragam jenis gizi di pada makanan pedas yang berguna untuk kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium dan magnesium.

Berikut faedah mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan, disalin dari Klikdokter, Selasa (23/4/2022).

Faedah Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

1. Tingkatkan Metabolisme Badan

Beberapa riset sudah dilaksanakan pada beberapa makanan pedas, seperti lada, cabe, kunyit, dan kayu manis. Hasilnya memperlihatkan jika beberapa makanan itu bisa tingkatkan metabolisme badan saat istirahat (resting metabolic rate) dan turunkan selera makan.

Disamping itu, yang mengandung kapsaisin, konsumsi cabe mempunyai dampak termogenik. Dampak itu membuat badan sanggup membakar kalori berlebihan sesudah makan.

2. Menghalangi Proses Infeksi

Makanan pedas yang memiliki kandungan curcumin, seperti jahe dan bawang putih, dari dulu sudah dipakai sebagai obat tradisionil antiperadangan, seumpama pada masalah artritis atau penyakit autoimun.

3. Turunkan Berat Tubuh

Berdasar sebagian riset, kandungan kapsaisin dalam cabe bisa menolong turunkan berat tubuh. Diketemukan jika kapsaisin bisa tekan selera makan dan lakukan pembakaran lemak pada tubuh.


Faedah Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

4. Menolong Menantang Sel-Sel Kanker

Kandungan kapsaisin dalam cabe dijumpai bisa berperanan dalam turunkan atau perlambat perubahan beberapa sel kanker.

Sebuah riset mendapati bukti jika kapsaisin bisa menolong menghalangi perkembangan beberapa sel kanker prostat pada tikus. American Association for Cancer Research mengatakan jika kapsaisin sanggup membunuh beberapa sel kanker.

5. Menolong Menangani Infeksi Bakteri

Makanan pedas yang memakai bahan baku kunyit dan jumpa lawak sudah bisa dibuktikan mempunyai anti-oksidan yang tinggi, dan kandungan antimikroba yang sanggup mencegah paparan kuman bakteri pada tubuh.

6. Kurangi Rasa Ngilu

Satu kembali faedah dari kapsaisin dalam cabe, yakni bisa dibuktikan bisa turunkan reseptor sensorik ngilu, hingga keluh kesah ngilu yang ada juga dapat menyusut.


Faedah Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

7. Kurangi Resiko Terserang Penyakit Jantung

Makanan pedas yang memiliki kandungan cabe mempunyai kandungan kalium, yang jika digabungkan dengan asam folat akan sanggup kurangi resiko penyakit jantung.

Kapsaisin dalam cabe efisien turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) dan tingkatkan kandungan cholesterol baik (HDL) pada tubuh.

8. Turunkan Kandungan Gula Darah

Menurut sebuah study dalam "American Journal of Clinical Nutrition", makan sambal mempunyai imbas positif pada beberapa orang yang berat badan yang berlebih dan penderita diabetes.

Makan sambal bisa menolong mengatur kandungan insulin secara berarti sesudah makan.

9. Jaga Kesehatan Mata

Anda memerlukan vitamin A untuk jaga mata Anda sehat setiap waktu. Sekitaran satu sendok makan cabe tiap hari bisa tingkatkan peranan pandangan. Ini dapat juga menolong menahan kebutaan malam hari dan degradasi makula.


Post a Comment for "9 Faedah Konsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan"