Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8+ Manfaat Petai, Baik untuk Asam Lambung



Yaslanrambah.com Kesehatan, Manfaat, Tanaman dengan berbau tajam ini sering dimakan sebagai lahapan oleh warga Indonesia. Selain itu, kandungan nutrisi dalam petai bermanfaat untuk badan. Berikut faedah petai untuk kesehatan.


Tanaman petai dikenali dengan baunya yang unik dan cukup tajam. Petai sering dikonsumsi sebagai lahapan atau diolah jadi beragam sajian dan dikonsumsi bersama nasi. Petai tidak cuman terkenal di Indonesia, tetapi di sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Di beberapa negara itu, petai dipakai sebagai obat herbal tradisionil karena dipercaya dapat menangani beberapa penyakit. Petai bisa dijadikan sumber energi, mempunyai protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, dan zat besi. Petai memiliki kandungan vitamin C yang lumayan tinggi dan berperanan penting pada proses hidroksilasi asam amino prolin dan lisin. Hidroksi prolin dan lisin bisa menolong proses pengobatan cedera, dan jaga ketahanan badan menantang infeksi dan depresi.


Tanaman petai memiliki kandungan alkaloid, saponin, terpenoid, fenolik, flavonoid, dan tanin. Senyawa yang terdapat dalam biji atau kulit buah petai diantaranya lektin, sisteina, stigmast-4-en-on, polisulfida siklik (heksationana, tetratiana, tritiolana, pentatiepana, pentatiokana, dan tetratiepana, formaldehida, tiol, dan asam tiazolidina-4-karboksilat


Kandungan Petai Mencuplik Data Formasi Pangan Indonesia, ada beragam nutrisi dan gizi yang bisa diketemukan dalam kandungan petai (Parkia speciosa) salah satunya:

  • Kalori: 92 
  • Air: 77,2 gram 
  • Protein: 5,4 gram 
  • Karbohidrat: 15,2 gram 
  • Serat: 2 gram 
  • Kalsium: 14 mg 
  • Fosfor: 170 mg 
  • Zat besi: 1,6 mg 
  • Kalium: 221 mg 
  • Beta karoten: 114 mcg 
  • Vitamin C: 34 mg


Faedah Petai untuk Kesehatan Meskipun kecil dan memiliki wewangian yang cukup tajam, ada beragam manfaat petai untuk kesehatan dan penyembuhan tertentu. Berikut keterangan berkenaan faedah petai. 

1. Menyembuhkan masalah pencernaan dan lambung.

Faedah petai mentah bisa menolong penyembuhan masalah pencernaan seperti maag. Petai bisa dipakai sebagai konsumsi untuk menolong menjaga pencernaan, karena teksturnya yang halus dan lembut. Bahkan juga, petai dipercaya berperan menolong menetralisir asam lambung dan rasa perih pada perut. Ini dapat juga kurangi iritasi karena zat yang terdapat dalam petai melapis lambung. Senyawa antasida pada petai berguna juga untuk kurangi rasa panas di dada saat Anda makan terlalu berlebih atau terlalu kenyang.


2. Menahan hipertensi.

Petai mempunyai kandungan garam yang relatif rendah, hingga aman untuk pasien hipertensi atau orang yang sehat. Karakter antihipertensi ini disokong oleh banyak kandungan kalium dalam biji petai. Kandungan kalium dalam petai berguna juga untuk menolong memantapkan detak jantung, memperlancar pengangkutan oksigen ke jantung, dan atur kesetimbangan cairan badan. Dengan begitu, Anda terbebas dari resiko terserang stroke. Untuk memperoleh faedah petai, harus diingat jika pemrosesannya harus tepat. Bila Anda memproses petai dengan santan dan olahan berlemak yang lain, itu malah tingkatkan resiko tekanan darah tinggi. 

3. Mempertahankan kesehatan organ dalam.

Manfaat petai mentah untuk kesehatan yang pertama tiba dari kandungan anti-oksidan tinggi (khususnya fenol, flavonoid, dan alkaloid). Anti-oksidan didalamnya berperan mencegah radikal bebas, seperti hidrogen peroksida, superoxide anion, dan hidroksil. Radikal bebas benar-benar reaktif dalam tubuh manusia, hingga bisa menghancurkan jaringan pada organ penting, seperti jantung, hati, dan ginjal.


4. Menangani anemia.

Kandungan zat besi pada petai berdasar teori memiliki faedah menangani anemia pada pasiennya, karena bisa menggairahkan produksi sel darah merah. Dengan mengkonsumsinya, Anda dapat mendapat faedah petai untuk penyembuhan anemia. Tetapi, pasiennya harus tetap konsumsi obat dari dokter karena jumlah zat besi dalam petai tidak begitu berarti. 

5. Memperlancar pencernaan.

Faedah petai untuk kesehatan ini kali datang dari kandungan serat didalamnya. Serat baik sekali untuk pencernaan dan dapat menahan diare sampai konstipasi. Oleh karena itu, kotoran dalam perut juga jadi lebih gampang dikeluarkan hingga metabolisme tidak tergangggu. Disamping itu, serat dapat menolong mempertahankan kesehatan usus dan menahan berlangsungnya penyakit usus besar. 

6. Sebagai antibakteri.

Dalam sebuah riset yang sudah dilakukan, petai berguna juga sebagai antibakteri. Ini dilaksanakan sebagai penyembuhan alternative untuk masalah ginjal dan infeksi aliran kemih. Sebagai contoh, bakteri Helicobacter pylori dan Eschericia coli. Karakter antibakteri datang dari kandungan biji hexathionine dan trithiolane. 

7. Turunkan kandungan gula darah.

Ada juga faedah petai untuk pasien diabetes dengan menolong turunkan kandungan gula darah pada tubuh. Disamping itu, kandungan serat dalam petai berguna juga untuk perlambat peresapan gula dan jaga kesetimbangan gula darah.


8. Tingkatkan kekuatan otak.

Petai memiliki kandungan kalium yang lumayan tinggi, hingga bermanfaat tingkatkan kekuatan otak, satu diantaranya tingkatkan ingatan. Apa lagi, kalium sebagai salah satunya tipe mineral penting pada tubuh. Kandungan ini menolong atur kesetimbangan cairan, kontraksi otot, dan signal saraf. 

9. Menurunkan depresi.

Faedah petai untuk kesehatan dapat menurunkan depresi. Kandungan tryptophan dalam petai bisa menurunkan depresi, membuat badan lebih santai, dan tingkatkan situasi hati. Disamping itu, kandungan vitamin B yang tinggi dalam petai bisa membuat mekanisme saraf pusat jadi santai. 

10. Kurangi rasa gatal karena gigitan nyamuk.

Bukan hanya biji petainya, kulit petai dipercaya memberi manfaat, yaitu kurangi rasa gatal karena gigitan nyamuk. Langkah memudahkan rasa gatal memakai kulit petai dengan ambil sisi dalam kulit petai. Lantas, coba gosokkan pada tempat kulit yang gatal karena gigitan nyamuk.



Post a Comment for "8+ Manfaat Petai, Baik untuk Asam Lambung "