Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Cumi-Cumi bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Yaslanrambah.com Cumi-cumi sebagai satu antara anggota seafood yang disukai beberapa orang. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang renyah membuat cumi kerap jadi menu favorite beberapa pecinta seafood.



Dagingnya yang nikmat membuat cumi pas dibuat jadi masakan apa. Biasanya, cumi-cumi diolah dengan sauce atau cuman dimasak.

Berlainan dengan ikan, daging cumi-cumi warna pucat, putih terbuka, memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang renyah. Selainnya rasanya sedap, sudah pasti cumi-cumi banyak memiliki faedah untuk badan yang jarang-jarang dijumpai.

Faedah cumi-cumi untuk kesehatan badan dapat diperoleh karena beragam kandungannya. Selainnya memiliki kandungan protein tinggi, cumi-cumi memiliki kandungan asam amino penting dan mineral seperti natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium.

Untuk yang menyenangi dan suka konsumsi cumi-cumi, pasti dapat memperoleh beragam faedah kesehatan. Apa faedah cumi-cumi untuk badan?

Berikut ringkasan mengenai faedah cumi-cumi untuk kesehatan badan yang harus dipahami, seperti dikutip dari dkp.jatimprov.go.id, Sabtu (26/2/2022).

1. Banyak Nutrisi

Cumi-cumi mempunyai kandungan nutrisi yang hebat karena kandungan proteinnya lumayan tinggi, yakni 17,9 g/100 gram cumi fresh. Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibandingkan dengan hasil laut lain.

Kelebihan cumi-cumi diantaranya tidak ada tulang belakang, gampang diolah, mempunyai rasa dan wewangian yang unik, dan memiliki kandungan semua tipe asam amino fundamental yang dibutuhkan oleh badan.

Asam amino fundamental yang menguasai ialah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kandungan asam amino nonesensial yang menguasai ialah asam glutamat dan asam aspartat.

2. Perkembangan Rangka Tulang

Cumi-cumi memiliki kandungan beberapa macam mineral micro dan makro dengan jumlah tinggi. Mineral utama pada cumi-cumi ialah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium.

Fosfor dan kalsium bermanfaat untuk perkembangan rangka tulang hingga penting untuk perkembangan anak-anak dan menahan osteoporosis di periode tua.

Selainnya kaya protein, cumi-cumi sebagai sumber vitamin yang bagus, seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat, dan vitamin terlarut lemak (A, D, E, K).

3. Turunkan Cholesterol

Kandungan lemak dalam cumi-cumi relatif rendah, yakni 7,5 g/100 gram, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jemu; 2,7 g asam lemak tidak jemu tunggal; dan 2,1 g asam lemak tidak jemu double.

Adapun yang terhitung asam lemak tidak jemu double ialah omega 3, yang bisa turunkan kandungan cholesterol pada darah.

Walau begitu, konsumsi cumi-cumi berlebihan harus dijauhi karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi, yakni capai 260 mg/100 gram bahan. Dalam barisan ikan laut, kandungan cholesterol pada cumi, udang, lobster, dan kepiting, memang termasuk tinggi.

Tetapi, kandungan cholesterol pada produk perikanan tersebut lebih rendah dibanding dengan kuning telur, hati, dalaman, dan otak ternak.

4. Pembangunan Sel Darah Merah

Cumi-cumi kaya Omega-3, protein, vitamin B, yodium, dan beragam mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi bagus untuk pembangunan sel darah merah.

5. Untuk Obat Kanker

Beberapa periset mendapati jika tinta cumi-cumi bisa menantang kanker. Beberapa periset pernah cari zat aktif dalam tinta itu dan mengisolasinya.

Zat itu disebutkan bekerja dengan aktifkan elemen sel darah putih yang disebutkan makrofag alias sel pemangsa raksasa, hingga tingkatkan ketahanan badan disekitaran sel tumor.

Tetapi, riset ini harus diteruskan hingga hasilnya dapat benar. Disamping itu, ada faedah lainnya, yaitu sebagai obat menantang tumor.

Tetapi, yang jelas, bahan yang umum dibuang dan tidak dimakan oleh manusia rupanya mempunyai faedah untuk dunia kedokteran.

6. Kesehatan untuk Jantung

Beberapa pakar mengutarakan, cumi-cumi sebagai sumber makanan laut yang kaya protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B, dan yodium.

Kandungan tembaga pada cumi bagus untuk peresapan badan, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembangunan sel darah merah. Tetapi, seharusnya jauhi konsumsi cumi dengan dimasak.

7. Hilangkan Sisa Cacar

Sisa cacar dalam tubuh khususnya muka akan mengusik performa. Cumi dapat dijadikan obat herbal hilangkan sisa cacar.

Mengambil cumi-cumi ini lalu jemurlah di bawah cahaya matahari sampai kering dan membersihkan. Sesudah kering dan bersih, tumbuk sampai lembut dan bisa diayak. Nach, ayakan bubuk cumi-cumi berikut yang digunakan sebagai obat sisa cacar.

Lakukan tiap hari dengan telaten, semoga sisa cacar yang ada di muka akan menghilang musnah dan kulit jadi lembut kembali. Kerjakan teratur setiap pagi dan malam mendekati tidur atau setelah mandi.

Post a Comment for "7 Manfaat Cumi-Cumi bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui"