Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Faedah Cokelat bagi Kesehatan, Bukan Sekadar makanan manis

Yaslanrambah.com Cokelat sebagai satu antara minuman dan makanan favorite semua kelompok di dunia. Cokelat sebagai olahan biji kakao yang dipanggang, digiling, lalu dibuat jadi cair, pasta, atau berbentuk balok.



Dark chocolate atau cokelat hitam memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin, dan mineral yang bagus untuk badan.

Disamping itu, cokelat memiliki kandungan zat flanoval yang baik untuk menahan paparan radikal bebas.

Bukan hanya bisa mencegah paparan radikal bebas yang bisa menghancurkan sel badan, cokelat mempunyai beberapa faedah yang lain untuk kesehatan jika dimakan secara betul.

Berikut keterangan beberapa faedah cokelat untuk kesehatan, diambil dari Klikdokter, Rabu (24/4/2021).


Faedah Cokelat untuk Kesehatan

1. Kaya Mikronutrien

Cokelat hitam memiliki kandungan beragam jenis mikronutrien. Dalam 100 g cokelat hitam ada 11 gr serat, 12 mg zat besi, 230 mg magnesium, 2 mg mangan, 73 mg kalsium, dan ada banyak kembali.

Selainnya memiliki kandungan delapan asam amino fundamental yang diperlukan oleh badan, cokelat simpan beragam vitamin, terhitung vitamin A, B1, B2, B3, B12, dan K. Itu kenapa, faedah cokelat benar-benar bermacam untuk kesehatan.

2. Dampak Stimulasi untuk Badan

Kakao - tanaman pemroduksi cokelat - mempunyai beberapa elemen dengan dampak stimulasi dalam tubuh, terhitung cafein, yang disebut stimulasi fisik, pencernaan, dan otak.

Cokelat memiliki kandungan teobromin, yakni senyawa stimulasi yang serupa dengan cafein, tetapi dampaknya lebih kurang kuat. Senyawa ini memiliki sifat stimulasi pada mekanisme saraf pusat hingga sanggup membuat Anda lebih siaga dan terbangun.

3. Tingkatkan Suasana hati

Faedah cokelat yang ini kemungkinan tidak asing. Ya, cokelat sudah dikenali sanggup membenahi suasana hati atau situasi hati. Manfaat ini didapat dari beberapa kandungan cokelat yang mempunyai dampak antidepresan.

Elemen feniletilamin pada cokelat dikenali bisa tingkatkan suasana hati seorang. Disamping itu, magnesium mempunyai peranan untuk jaga kesetimbangan suasana hati supaya masih tetap konstan.

Faedah Cokelat untuk Kesehatan

4. Simpan Anti-oksidan

Selainnya buah dan sayur, cokelat sebagai satu antara bahan makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan. Bahkan juga cokelat memiliki kandungan semakin banyak macam anti-oksidan dibanding makanan lain.

Anti-oksidan yang terdapat di dalam cokelat ialah polifenol, flavanol, katekin, dan lain-lain. Karena kandungan berikut, cokelat bisa membuat perlindungan mekanisme kardiovaskular badan dan menahan kanker.

5. Mengatur Penekanan Darah

Kandungan flavonoid dalam cokelat bisa menstimuli endotelium, dinding arteri untuk produksi nitric oxide (NO).

Peranan NO ialah mengirim signal supaya terjadi rileksasi arteri hingga turunkan tekanan darah. Berikut argumen kenapa satu antara faedah cokelat berperanan untuk mengatur tekanan darah.

6. Tingkatkan HDL dan Turunkan LDL

Faedah cokelat untuk kesehatan yang lain ialah sanggup tingkatkan kandungan cholesterol baik atau HDL pada tubuh. Kakao sudah bisa dibuktikan bisa turunkan cholesterol jahat atau LDL secara berarti.

Hal itu muncul karena kandungan cokelat, yakni sterol dan flavanol, bisa masuk ke pembuluh darah dan membuat perlindungan lipoprotein dari kerusakan sel.

Faedah Cokelat untuk Kesehatan

7. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Dengan turunkan cholesterol jahat dan tingkatkan cholesterol baik, langsung kakao berperan tingkatkan status kesehatan jantung seorang. Pada dampak periode panjang, cokelat mempunyai potensi turunkan resiko kematian karena penyakit jantung.

Faedah cokelat yang ini telah ditunjukkan pada beberapa riset. Pada riset yang diedarkan dalam 'Journal Clinical Nutrition' mendapati jika orang yang makan cokelat hitam lebih dari 5 kali satu minggu, sanggup turunkan resiko penyakit jantung sekitar 57 %.

8. Tingkatkan Memory Otak

Riset memperlihatkan lanjut usia yang diberi konsentrat kakao yang mengandung flavonoid yang tinggi akan mendapat kenaikan peranan kognitif yang berarti, dengan tingkatkan peredaran darah ke otak.

Disamping itu, kandungan cafein dan teobromin dalam cokelat sanggup tingkatkan peranan otak dalam periode pendek. Karena argumen itu, cokelat disebut bisa tingkatkan memory otak seorang.

9. Menolong Pasien Alzheimer

Sebuah study itu mendapati, konsumsi cokelat bisa membenahi kerusakan yang terjadi pada pasien Alzheimer, walaupun dampaknya tidak berarti.


Faedah Cokelat untuk Kesehatan

10. Menghalangi Penuaan

Tingginya kandungan anti-oksidan yang dipunyai cokelat bisa menolong menghalangi penuaan yang terjadi searah dengan umur. Penuaan ini dapat terlihat di luar (kerutan dan kulit lembek) atau yang tidak terlihat, seperti penuaan pada beberapa sel badan.

Kandungan mangan yang tinggi dalam kakao berperanan dalam produksi collagen, yakni protein yang dibuat supaya jaga kulit terlihat muda dan sehat.

11. Menolong Turunkan Berat Tubuh

Cokelat hitam rupanya bisa menolong Anda turunkan berat tubuh bila dimakan dalam jumlah yang tepat. Menurut periset, cokelat bisa memacu pelepasan hormon yang mengatur selera makan hingga Anda lebih gampang untuk turunkan berat tubuh.

Dalam pencernaan, cokelat bisa berperangai seperti prebiotik, yakni semacam serat yang menggerakkan perkembangan bakteri baik di usus. Semakin bertambah bakteri baik pada badan, karena itu metabolisme dan peresapan gizi akan bertambah.

12. Menolong Kurangi Kompleksitas pada Kehamilan

Sebuah riset yang dipresentasikan pada 'Society for Maternal Fetal Medicine' menerangkan makan 30 gr cokelat dalam satu hari sepanjang kehamilan bisa tingkatkan perkembangan dan perubahan janin.

Teobromin dalam cokelat dipandang bisa turunkan resiko berlangsungnya preeklampsia pada ibu hamil karena bisa menggairahkan jantung dan membuat pembuluh darah arteri jadi membesar.


Post a Comment for "12 Faedah Cokelat bagi Kesehatan, Bukan Sekadar makanan manis "