Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Yaslanrambah.com, Dengarkan musik kemungkinan jadi kebiasan yang sudah dilakukan mayoritas orang. Bukan hanya dapat melipur, dengarkan musik mempunyai faedah untuk kesehatan.



Musik mempunyai beragam tipe saluran, seperti pop, rock, metal, jazz, dangdut, dan ada banyak yang lain. Tiap orang mempunyai kesukaannya masing-masing.

Bila pada saat sebelum zaman digital kita harus dengarkan musik dengan pemutar CD atau kaset, sekarang ini kita dipermudahkan karena ada beragam basis digital seperti Youtube dan Spotify.

Pada basis itu kita dapat dengarkan beragam saluran yang kita sukai, dan dapat mendengarkannya dimanapun dan kapan pun.

Lalu, apa faedah untuk kesehatan yang dapat kita peroleh dengan dengarkan musik?

Berikut 10 faedah dengarkan musik untuk kesehatan, yang pantas Anda tunjukkan, seperti dikutip dari Klikdokter, Jumat (11/3/2022).


Faedah Dengarkan Musik untuk Kesehatan

1. Tingkatkan Mekanisme Kebal Badan

Menurut sebuah study tahun 2013, musik berpotensi dalam tingkatkan tanggapan mekanisme ketahanan tubuh.

Periset menjelaskan jika musik ialah obat yang murah dan tidak mempunyai efek seperti beberapa obat dengan bahan kimiawi.

2. Menentramkan Situasi Hati

Sebuah riset pada 60 orang dewasa yang sudah dilakukan tahun 2006 mendapati jika musik sanggup kurangi merasa sakit, Stres, dan bisa tingkatkan kualitas tidur.

Bahkan juga, sebuah study terkini mengatakan jika menyanyi dan dengarkan musik bisa tingkatkan situasi hati atau suasana hati.

3. Memudahkan Stroke

Faedah musik yang tidak diduga ialah bisa memudahkan stroke. Satu riset dilaksanakan dengan mengikutsertakan 60 pasien stroke. Sepertiga pasien dengarkan musik yang direkam sepanjang satu jam satu hari, sepertiga yang lain dengarkan audiobook, dan bekasnya tidak terima stimulan pendengaran tipe apa saja.

Sesudah 3 bulan, pasien yang dengarkan musik alami kenaikan ingatan verbal sekitar 60 %, pasien yang dengarkan audiobook sekitar 18 %, dan pasien yang tidak terima stimulan pendengaran sekitar 29 %.

4. Tingkatkan Saluran Darah

Beberapa periset pelajari peranan arteri dan saluran darah pada 10 relawan sebelum serta sesudah dengarkan beragam tipe musik, melihat video lucu, atau dengarkan rekaman rileksasi.

Musik yang membahagiakan hasilkan kenaikan saluran darah 26 %, ketawa 19 %, dan rileksasi sekitar 11 %.

5. Kurangi Rasa Sakit

Dalam study belakangan ini, pasien yang jalani operasi tulang belakang dianjurkan untuk dengarkan musik saat malam hari saat sebelum operasi.

Saat periset menghitung tingkat ngilu pascaoperasi, barisan itu alami pengurangan merasa sakit yang lebih bagus dibanding barisan yang tidak dengarkan musik. Ini diperhitungkan karena musik berperanan pada pelepasan hormon dopamin.

6. Tingkatkan Daya Ingat

Kadang dengarkan lagu tertentu bisa mengingati kita pada suatu hal peristiwa di hidup kita. Pada 2013, sebuah study yang diedarkan dalam jurnal Memori dan Cognition mempelajari 60 orang yang belajar bahasa Hungaria.

Mereka diputuskan secara random untuk bicara dengan kalimat baru. Rupanya peserta yang menyanyikan kata baru itu mempunyai ingatan tertinggi.

Periset selanjutnya meningkatkan study jika musik bisa menolong ingatan ke orang dengan masalah kognitif seperti Alzheimer.

Dari sekitar 89 orang demensia tahapan awalan yang turut dalam riset, barisan yang menyanyi dan dengarkan musik memberikan ingatan yang lebih bagus.

7. Tingkatkan Kekuatan Fisik saat Olahraga

Anda sukai dengarkan musik saat lari pagi atau saat gym? Sebuah study yang sudah dilakukan J. Waterhouse pada 2009 mendapati jika dengarkan musik dengan tempo yang cepat bisa tingkatkan kekuatan fisik saat olahraga.

8. Tingkatkan Kekuatan Kognitif

Faedah musik yang lain terkait dengan kekuatan kognitif seorang. Sebuah study yang sudah dilakukan oleh University of Washington memperlihatkan jika memberi rangkaian permainan dengan musik pada bayi 9 bulan bisa tingkatkan perubahan kognitifnya.

9. Sebagai Therapy Tambahan untuk Pasien Epilepsi

Epilepsi ialah masalah otak yang diikuti dengan kejang. Ringkasan hasil dari study yang sudah dilakukan oleh The Ohio State University Wexner Medical Center, pasien dengan epilepsi bisa diberi therapy musik. Musik dipandang dapat menolong rileksasi hingga turunkan peristiwa kejang.

10. Kurangi Depresi

Periset mengatakan jika kekuatan musik untuk kurangi depresi terkait dengan kekuatannya untuk turunkan tingkat kortisol badan. Disebut jika musik yang berperanan bisa kurangi depresi ialah musik dengan irama tenang.



Post a Comment for "Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan"