Manfaat Konsumsi Air Pandan untuk Kesehatan

Yaslanrambah.com, Banyak yang mengenali daun pandan sebagai tumbuhan penyedap rasa karena mempunyai wewangian yang dapat mengunggah hasrat. Walau sebenarnya, bukan hanya melezatkan masakan, daun pandan mempunyai faedah untuk kesehatan.



Daun pandan memiliki kandungan beragam senyawa yang bermanfaat untuk badan, salah satunya protein, kalsium, fosfor, zat besi, tiamin, vitamin C, dan tinggi beta karoten.

Daun yang dikenali mempunyai wewangian ciri khas ini tumbuh subur di negara beriklim tropis, bahkan juga untuk membudidayakannya saja tidak begitu susah.

Tersering daun pandan dijadikan kombinasi pada makanan manis seperti kolak, sup buah, jelly, atau puding.

Bukan hanya mempunyai faedah saat digabungkan pada makanan, Anda bisa juga konsumsi daun pandan dengan minum air rebusan daunnya.

Apa faedah dari air rebusan daun pandan untuk kesehatan?

Berikut sembilan faedah konsumsi air pandan untuk kesehatan, yang pantas untuk Anda coba, seperti dikutip dari Klikdokter, Sabtu (12/3/2022).

Faedah Konsumsi Air Pandan untuk Kesehatan


1. Menurunkan Demam

Orang yang demam umumnya sukai konsumsi minuman hangat. Jika jemu dengan teh atau air jahe, Anda dapat mencoba air rebusan pandan.

Sistem penyembuhan tradisionil itu dipercayai dapat menolong membuat keadaan badan menjadi lebih baik dan turunkan demam.

2. Kurangi Rasa Ngilu

Jika Anda ingin kurangi rasa ngilu di kepala atau sendi, minum air rebusan pandan dipercayai sanggup menangani rasa sakitnya.

Tetapi, janganlah lupa cari info pemicu munculnya rasa ngilu itu. Masalahnya menurunkan rasa ngilu tidak berarti mengobati penyakit itu (setiap saat dapat kumat kembali).

3. Menormalkan Penekanan Darah

Anda alami sakit di kepala karena tekanan darah tinggi? Rebus daun pandan sampai airnya jadi cukup sedikit.

Selainnya minum obat yang disarankan dokter, Anda dapat konsumsi air rebusan daun pandan untuk menolong memiara keadaan tekanan darah.

Contoh perut kram. Kredit: pexels.com/Demon

4. Menangani Kram Perut

Dibanding Anda yakin jika kram perut, khususnya saat haid, bisa ditangani dengan minuman bersoda, lebih bagus buat teh daun pandan. Air rebusan pandan yang diminum hangat bisa membuat keadaan perut lebih bagus.

5. Mendetoksifikasi Badan

Jika berbicara masalah detoks, pasti tidak akan jauh dari minuman atau makanan memiliki kandungan anti-oksidan. Jika jemu sama air lemon atau teh hijau, Anda dapat mencoba air rebusan daun pandan.

Minum air rebusan pandan dapat membuat perlindungan organ-organ badan, khususnya hati dari beberapa unsur penghancur (radikal bebas).

6. Menolong Menangani Insomnia

Minuman hangat pada malam hari dapat membuat badan lebih rileks dan jadi gampang lelap. Air rebusan daun pandan bisa saja pilihan untuk Anda yang tidak terlampau sukai minum susu hangat mungkin karena terlampau mengenyangkan.

Hisap wewangiannya, lalu seruput teh pandan secara perlahan-lahan. Tentu Anda jadi lebih tenang dan tanda-tanda insomnia bisa diringankan.

7. Tingkatkan Gairah Makan

Untuk Anda yang ingin kembalikan selera makan karena habis sakit dan ingin berat tubuh menjadi lebih bagus, dapat minum air rebusan pandan. Seperlunya saja, tak perlu kebanyakan karena malah dapat membuat kembung.

8. Menurunkan Sakit Rematik

Sebagian orang ada yang memoleskan cream tertentu saat rematik kumat. Jika Anda ingin coba yang alami, beberapa lembar daun pandan yang dimasukkan pada rebusan minyak kelapa bisa juga dibalurkan pada bagian yang sakit. Janganlah lupa didinginkan lebih dahulu.

9. Turunkan Resiko Kanker

Dalam penyembuhan tradisionil, daun pandan memang digunakan untuk menahan perkembangan sel kanker pada tubuh.

Tetapi, karena kanker sebagai penyakit multifaktorial (banyak factor penyebabnya), Anda harus menyeimbanginya dengan penyembuhan dokter dan implementasi gaya hidup sehat.



0 Comments