Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Mengonsumsi Kentang Rebus bagi Kesehatan

Yaslanrambah.com, Kentang sebagai satu antara bahan makanan yang memiliki kandungan banyak karbohidrat. Bahkan juga, kentang dapat dijadikan makanan alternatif nasi.



Tidak itu saja, kentang memiliki kandungan banyak gizi seperti vitamin A, B-kompleks, C, dan asam folat. Dalam kentang ada zat solanin yang dikenali sebagai obat penenang, antikejang, antijamur, dan pestisidal.

Sebagai satu antara bahan makanan yang cukup terkenal, kentang kerap dibuat jadi beragam menu sajian, terhitung cemilan. Tetapi, seharusnya kentang dimakan dengan direbus, bukan dimasak.

Hal tersebut karena, kentang rebus memberi faedah yang jauh lebih bagus untuk badan daripada dimasak. Nikmati kentang rebus disebutkan dapat tingkatkan konsumsi mineral dan vitamin pada tubuh.

Konsumsi kentang rebus berperan untuk kesehatan badan keseluruhannya. Ada beberapa faedah yang didapatkan saat konsumsi kentang yang direbus.

Berikut ringkasan mengenai faedah konsumsi kentang rebus untuk kesehatan, seperti disalin dari Briliofood, Selasa (22/3/2022).

1. Mengatur Berat Tubuh

Untuk beberapa orang, mempunyai berat tubuh yang semakin dapat membuat performa kurang memikat. Konsumsi kentang rebus sebagai makanan dasar menjadi jalan keluar supaya berat tubuh masih tetap konstan.

Anda harus rebus kentang tanpa tambahan apa saja, seperti garam, keju, atau mayones.

Kandungan serat pada kentang akan membuat berasa kenyang semakin lama hingga tidak berminat untuk ngemil kebanyakan.

2. Tingkatkan Mekanisme Saraf dan Peranan Otak

Kandungan tembaga pada kentang bisa membuat lysyl oxidase, yaitu enzim yang diperlukan untuk jaringan ikat yang sehat, dan memberikan dukungan beberapa faktor peranan otak.

Disamping itu kandungan vitamin B6 dalam kentang benar-benar diperlukan badan untuk mempertahankan kesehatan neuron atau saraf. Kalium dalam kentang bisa juga menggerakkan perluasan pembuluh darah dan menolong pastikan otak cukup memperoleh darah.

3. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan karotenoid yang ada pada kentang bisa menolong jaga peranan jantung secara baik. Kandungan vitamin C dan B6 pada kentang dapat menolong kurangi radikal bebas pada sel jantung dan beberapa sel badan yang lain.

4. Memperlancar Pencernaan

Kentang rebus disebutkan dapat memperlancar pencernaan. Ini karena ada kandungan serat pada kentang. Serat bisa menolong menahan tipe kanker tertentu, khususnya usus besar, dan menolong atur kandungan gula darah dan cholesterol.

Harus dipahami, rebus kentang pada temperatur tinggi (lebih dari 170 derajat celcius) memungkinkannya untuk merusak beberapa beberapa zat beracun.

Akibatnya karena zat beracun ini jika dimakan dengan jumlah banyak, bisa mengakibatkan sakit di kepala, kurang kuat, kram otot, dan dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran dan koma.

5. Tingkatkan Peranan Hati

Kandungan vitamin B-5 pada kentang memungkinkannya untuk merusak gizi jadi energi dan memberikan dukungan peranan hati.

Itu kenapa baik sekali bila konsumsi kentang dengan direbus karena tidak hilangkan kandungan sehat pada kentang.

6. Mengobati Cedera

Kandungan kalium dan mangan pada kentang bukan hanya untuk tingkatkan peranan otot, jantung, dan saraf. Mangan memberikan dukungan metabolisme dan menolong menghasilkan collagen yang perlu untuk pengobatan cedera.

Satu jatah kentang rebus sediakan 0,22 miligram mangan, 12 % dari konsumsi harian untuk wanita atau 10 % untuk pria.

7. Sebagai Sumber Energi

Faedah kentang ini didapatkan karena ada kandungan anti-oksidan. Kentang rebus kaya vitamin B6 yang bisa berperan untuk merusak protein dan karbohidrat jadi glukosa dan asam amino.

Ke-2 kandungan itu sebagai bahan bakar khusus untuk sumber energi untuk badan.


Post a Comment for "7 Manfaat Mengonsumsi Kentang Rebus bagi Kesehatan"