Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Marah bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Yaslanrambah.com, Geram sering dipandang seperti emosi negatif hingga perlu dijauhi. Kenyataannya, geram sebagai satu antara karakter alami manusia. Tiap manusia pasti rasakan geram.



Yang membandingkan adalah bagaimana mengurus kemarahan itu hingga tidak bikin rugi diri kita atau seseorang.

Karena kerap dipandang seperti emosi jelek, beberapa orang lalu meredam kemarahan. Apa lagi, geram dipandang bisa memacu tekanan darah tinggi dan beragam hal negatif yang lain.

Walau sebenarnya, meredam atau merendam kemarahan tidak selama-lamanya baik karena bisa berpengaruh negatif pada kesehatan Anda. Anda perlu ketahui jika geram juga mempunyai faedah yang membagi-bagi kesehatan Anda.

Karena itu, Sebaiknya anda keluarkan rasa geram itu lewat beberapa cara yang sehat. Tidak boleh sering merendam kemarahan.

Berikut faedah geram untuk kesehatan fisik dan psikis, yang penting Anda kenali hingga dapat salurkan kemarahan dengan pas, disalin dari Klikdokter, Jumat (18/3/2022).

Faedah Geram untuk Kesehatan

Geram emosi yang normal

Geram sebagai tanggapan normal yang terjadi saat Anda pada kondisi terancam. Geram memacu otak untuk membikin badan siap-siap dengan semua peluang yang ada.

Saat geram, Anda jadi tegang, jantung berdetak cepat, dan konsentrasi pemikiran jadi bertambah. Geram bisa membuat Anda ekspresikan hati pada seseorang.

Lebih bagus untuk geram dibanding berperangai agresif yang dapat beresiko mencederai seseorang atau diri kita.

Kurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung

Berdasar sebagian study, orang yang merendam rasa geram condong berperangai agresif. Ini bisa beresiko mengakibatkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

Dianjurkan untuk menumpahkan rasa geram dengan arif. Luapkan geram secara sehat supaya tidak ada peralihan mekanisme jantung dan peredaran darah pada tubuh.

Mengurus rasa geram dengan arif bisa menghindar badan dari kenaikan hormon kortisol (hormon depresi) dan menahan Anda terserang permasalahan kesehatan serius.

Ketahui permasalahan sebetulnya

Beberapa orang menduga jika rasa geram ada karena permasalahan yang ditemui. Walau sebenarnya, kemungkinan ada argumen yang lain memicu kenapa Anda geram-marah.

Rasa geram bisa ada karena ada emosi yang lain tidak dapat Anda gesturkan secara baik. Emosi itu dapat berbentuk duka cita, ketakutan, atau perasaan bersalah.

Karena tidak dapat salurkan emosi itu, seorang rawan menumpahkannya dengan geram.

Karenanya, saat geram, kita secara tidak langsung sedang menolong diri kita untuk berpikiran dan cari tahu permasalahan apa yang sebetulnya sedang ditemui.

Menolong cari jalan keluar

Saat geram, Anda sedang tahu jika ada ketakadilan yang terjadi. Geram bermanfaat untuk mengingatkan diri Anda mengenai bahaya dan duka cita.

Dengan mempunyai rasa geram, otak bisa memberitahukan kita untuk cari support dan rasa senang kembali.

Ini nanti bisa membimbing Anda cari jalan keluar untuk menangani permasalahan yang ada.

Jadi lebih siap

Geram mengakibatkan badan berasa tidak nyaman, detak jantung berdebar-debar cepat, dan muka berasa panas karena saluran darah bertambah.

Keadaan yang dirasa saat geram ini membuat Anda jadi siap sedia untuk menangani semua peluang yang hendak terjadi, terhitung berkelahi secara fisik.

Membuat lebih positif

Rasa geram bisa tingkatkan kita untuk jadi lebih positif. Karena, rasa geram menolong Anda menangani depresi dengan melepas kemelut di badan lebih dulu.

Sesudah geram, saraf di badan jadi tenang dan santai. Saat telah berasa semakin tenang, Anda jadi bisa berpikiran lebih positif dan sanggup mengungkapkan rasa geram ke seseorang dengan pengucapan atau sikap yang lebih bagus.


Post a Comment for "6 Manfaat Marah bagi Kesehatan Fisik dan Mental"