Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Curhat bagi Kesehatan Mental, Tak Hanya Meringankan Beban Pikiran

Yaslanrambah.com, Sharing atau curah hati ialah menceritakan mengenai permasalahan atau segala hal ke orang paling dekat yang dipercayai. Tidak dapat dipungkuri, tiap orang pasti mempunyai permasalahan masing-masing.



Saat hadapi sebuah permasalahan, beberapa orang biasa memutuskan untuk menceritakan. Ada yang terlatih menceritakan mengenai permasalahannya ke orang paling dekat, tapi ada juga yang memutuskan untuk merendamnya.

Dengan sharing, perasasaan bisa menjadi lega dan beban pemikiran jadi menyusut. Hati lega itu yang dapat memberi dampak kesehatan untuk badan.

Walau sharing kemungkinan terlihat remeh, rupanya itu wajib untuk kesehatan fisik dan psikis. Baik itu mengulas permasalahan individu atau suatu hal yang biasa.

Karenanya, tidak boleh meredam beban yang dirasa sendirian karena bisa mengakibatkan beragam permasalahan kesehatan. Malah dengan sharing dapat datangkan faedah untuk kesehatan.

Berikut ringkasan mengenai faedah sharing untuk kesehatan yang tidak banyak dijumpai, seperti disalin dari Klikdokter, Rabu (9/3/2022).

Faedah Sharing untuk Kesehatan Psikis

1. Memudahkan Beban Pemikiran

Tidak dapat dipungkuri, bicara sama orang lain bisa menolong kurangi beban dan depresi. Apa lagi manusia sebagai makhluk sosial.

Itu kenapa, bicara dengan seorang mengenai apa saja, terhitung permasalahan yang mengambil alih pemikiran, bisa menolong penuhi keperluan dasar sebagai makhluk sosial.

2. Menahan Depresi

Permasalahan yang dipisah sama orang lain dengan sharing bisa menghindari Anda dari depresi. Permasalahan yang berlarut condong kuras pemikiran dan membuat hidup berasa seakan-akan terpusat cuman pada permasalahan itu.

Ini bisa berbuntut pada depresi enteng bahkan juga berat. Sharing bisa menahan kondisi ini saat sebelum terjadi.

3. Support Emosional

Sharing ke orang yang pas dan dipercayai bisa membuat Anda berasa betul-betul didengar. Ini berguna untuk menolong memverifikasi hati hingga Anda tidak berasa terisolasi sendirian.

4. Membuat Proses Bertahan yang Baik dari Depresi

Proses masing-masing orang dalam hadapi permasalahan pasti berbeda. Ada yang 'melarikan diri' ke makanan, sakiti diri kita, dan sebagainya.

Sharing menjadi satu antara proses rekonsilasi diri yang sehat dalam hadapi permasalahan.

Menurut riset, support sosial bisa membantu seorang untuk membuat ketahanan pada depresi dan bermanfaat untuk membuat peralihan dalam kehidupan.

5. Mendapatkan Jalan keluar

Saat terjerat pada suatu permasalahan, seringkali pemikiran Anda jadi sempit hingga berasa buntet dan tidak ada jalan keluar.

Sharing sama orang lain bisa memberi sudut pandang baru hingga dapat memberikan gagasan atau jalan keluar yang kemungkinan belum terpikirkan awalnya.

6. Siap Bangun Kembali

Sesudah berasa lega dengan sharing pada orang paling dekat, Anda dapat move on dan kembali produktif.

Nanti, Anda bisa kembali membahas permasalahan sama orang yang awalnya dengarkan sharing sebagai bahan mawas diri tak perlu terbenam dalam periode kemarin.

Jika ingin kontribusi yang semakin kompeten dan memiliki sifat netral, konsultasi ke psikiater atau psikolog menjadi opsi arif.

Tetapi, jika berasa sharing dengan sahabat atau keluarga cukup, tidak jadi masalah. Support dari orang paling dekat dan tepercaya akan membuat Anda semakin kuat hadapi rintangan hidup.


Post a Comment for "6 Manfaat Curhat bagi Kesehatan Mental, Tak Hanya Meringankan Beban Pikiran"