Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Utama Pisang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

5 Manfaat Utama Pisang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

yaslanrambah.comPisang adalah sumber nutrisi, dikemas dengan karbohidrat pemberi energi dan potasium yang menyehatkan jantung. Ahli Gizi Terdaftar Jo Lewin menjelaskan lebih lanjut. 

Apa Itu Pisang? 

Pisang adalah buah paling populer di Inggris. Rata-rata kita masing-masing makan 10kg pisang setiap tahun (sekitar 100 pisang). Ada ratusan varietas yang dapat dimakan yang terbagi dalam dua spesies berbeda: pisang dan pisang raja. 

Pisang memiliki bentuk yang berbeda dan daging yang keras tetapi lembut di dalam kulit yang tebal dan tidak dapat dimakan. Sementara orang mengira pisang memiliki kulit kuning, warnanya berubah dari hijau (kurang matang) menjadi kuning (matang) menjadi coklat (matang). 

Pisang tumbuh dalam kelompok 50-150, dengan masing-masing pisang dikelompokkan dalam tandan yang dikenal sebagai 'tangan' 10-20 sekaligus. 

Jenis pisang yang paling populer adalah jenis pisang manis yang besar, kuning, dan berkulit halus. Pisang Musa sapientum ini bervariasi dalam ukuran dan warna dan biasanya dimakan mentah. 

Pisang hijau yang lebih besar dikenal sebagai pisang king. Pisang pisang disiapkan dengan cara yang mirip dengan sayuran yang biasanya dipanggang atau digoreng. 

Nutrisi Pada Buah Pisang

Satu porsi 80g (pisang kecil) menyediakan: 
  • 65 Kkal / 278 KJ 
  • 1,0g Protein 
  • Lemak 
  • 0,1g16,2g Karbohidrat 
  • Serat 
  • 1,1g264mg Kalium Porsi 
80g yang terdiri dari satu buah pisang kecil dihitung sebagai satu dari lima porsi Kamu sehari. Lihat infografis kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dihitung sebagai 5 hari. 

5 Manfaat Utama Pisang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

1. Mendukung kesehatan usus 

Pisang memiliki efek menenangkan pada usus berkat kandungan pektin yang tinggi, serat larut yang tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga menormalkan fungsi usus. 

Kandungan serat yang tinggi dari pisang membantu meningkatkan perasaan kenyang dan tampaknya mengurangi kembung. 

Pati resisten dalam pisang juga memiliki prebiotik efek, membantu mendorong bakteri usus sehingga keduanya meningkat jumlahnya dan menghasilkan senyawa bermanfaat yang disebut asam lemak rantai pendek. 

2. Dapat mendukung kesehatan jantung 

Pisang sarat dengan mikronutrien yang berharga, terutama potasium, yang merupakan salah satu elektrolit terpenting dalam tubuh. Kalium membantu mengatur fungsi jantung serta keseimbangan cairan yang merupakan faktor kunci dalam mengelola tekanan darah. 

Efektivitas Makanan kaya kalium seperti pisang, dalam menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke diterima dengan baik dan didukung oleh yang bukti ilmiah cukup. 

3. Dapat membantu dalam pengelolaan mulas 

Pisang mentah membantu menetralkan asam lambung dan senyawa tanaman yang dikandungnya, leucocyanidin, tampaknya meningkatkan ketebalan selaput lendir lambung. Ini berarti pisang, selama masih di bawah matang, dapat menjadi tambahan makanan yang berguna bagi mereka yang menderita sakit maag. 

4. Merupakan penambah energi 

Karena memiliki kandungan air yang rendah, pisang biasanya memiliki lebih banyak kalori serta kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. 

Mereka mengandung gula dalam bentuk sukrosa, fruktosa dan glukosa dalam kombinasi dengan serat, ini memungkinkan mereka untuk memasok dorongan energi instan namun berkelanjutan. Kaya akan potasium, mereka mendukung kontraksi otot selama latihan dan dapat mengurangi risiko kram. 

Karena itu, pisang menjadi penyertaan yang berharga baik sebelum dan selama bentuk latihan intensif yang berkepanjangan. 

5. Dapat mendukung suasana hati 

Pisang mengandung tryptophan, asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin kimia otak yang membuat perasaan senang. Bahan kimia otak ini dikenal untuk membantu relaksasi, meningkatkan mood, mengurangi kecemasan dan umumnya membuat Kamu merasa lebih bahagia. 

Namun, sangat sulit untuk meningkatkan kadar darah triptofan dalam melalui diet saja, dan meskipun penelitian pada hewan menunjukkan kemungkinan hubungan antara konsumsi pisang dan peningkatan kecemasan dan depresi, kemungkinan lebih berkaitan dengan kandungan antioksidan pisang daripada kontribusi triptofan mereka. 

Apakah pisang aman untuk semua orang? Pisang tidak cocok untuk semua orang, misalnya, dapat memicu migrain pada orang yang rentan terhadapnya. 

Pisang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Gejala alergi biasanya berkembang dalam beberapa menit, dan Kamu harus menemui dokter umum jika Kamu mengalami reaksi yang merugikan. 

Namun, jika ini berkembang menjadi reaksi parah, yang dikenal sebagai anafilaksis, ini adalah keadaan darurat medis dan Kamu harus segera memanggil ambulance. \

Obat-obatan tertentu bekerja dengan meningkatkan kadar kalium dalam darah, jika Kamu diberi resep obat seperti ini, Kamu harus berhati-hati saat mengonsumsi makanan yang kaya kalium, seperti pisang.

Itulah manfaat utama pada buah pisang bagi kesehatan yang wajib diketahui. Jika kamu ingin mencari informasi seputar perguruan tinggi dan beasiswa. bisa berkunjung di belajarbersama.info .Share ke teman-teman kamu jika bermanfaat. Salam Sehat

Post a Comment for "5 Manfaat Utama Pisang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui"