Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

yaslanrambah.comApel tidak hanya renyah, manis dan mengenyangkan. Sebagai bagian dari diet cerdas, mereka dapat membantu melindungi dari penyakit serius, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan banyak lagi. Anggap mereka sebagai senjata rahasia sehat Kamu. 

Kamu telah mendengarnya jutaan kali: "Sebuah apel sehari menjauhkan Kamu dari dokter." Ternyata ada lebih banyak kebenaran daripada yang mungkin Kamu pikirkan. 

Studi menunjukkan apel memiliki manfaat kesehatan yang kuat, terutama dalam memerangi penyakit kronis yang membunuh jutaan orang setiap tahun. Berikut adalah daftar singkat tentang bagaimana makan lebih banyak apel dapat membantu Kamu tetap sehat, bersama dengan beberapa cara untuk menambahkannya ke makanan Kamu. 

Nutrisi Apel 

Nutrisi sedikit bervariasi antara varietas apel yang berbeda, tetapi tidak terlalu banyak. Berikut rincian nutrisi untuk 1 buah apel ukuran sedang: 
  • 95 kalori 
  • 0 g protein 
  • 0 g lemak 
  • 25 g karbohidrat 
  • 4g serat 
  • 8 mg vitamin C 
  • 98 IU vitamin A 
  • 195 mg kalium 
Apel tinggi kandungan air (85 persen air) dan kaya akan serat (apel berukuran sedang mengandung 4 gram, atau sekitar 16 persen dari nilai harian Kamu), dua hal yang Kamu butuhkan untuk merasa kenyang. Apel memiliki satu manfaat lain yang terasa penuh: Mereka membutuhkan waktu untuk makan. Makanan yang bisa Kamu makan dengan cepat cenderung membuat Kamu lapar, sehingga Kamu akhirnya makan lebih banyak. 

Apel juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti kadar gula darah Kamu tidak melonjak saat Kamu memakannya. Jadi, meskipun Red Delicious atau Honeycrisp cerah mungkin terasa sangat manis, tubuh Kamu mampu memproses gula dengan cara yang mudah diatur. 

Dan karena apel manis dan mengenyangkan, mengemil apel bisa menjadi cara cerdas untuk merespons keinginan ngemil. Pastikan untuk memakan buah utuh, kupas dan semuanya. Serat akan membantu Kamu tetap puas. 

5 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh 

1. Melindungi jantung 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa apel baik untuk jantung Kamu dalam berbagai cara. Kandungan seratnya yang tinggi telah terbukti membantu meningkatkan kadar kolesterol (menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol HDL baik). 

Sebuah uji klinis kecil baru menemukan subjek yang makan 2 apel sehari selama 8 minggu memiliki kadar kolesterol LDL yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak makan buah. Para peneliti mengutip serat apel, tetapi juga polifenol  Kamu mendapat manfaat dari nutrisi buah utuh yang bekerja bersama. 

Sebuah tinjauan data yang diterbitkan oleh Florida State University juga menemukan bahwa orang yang makan buah utuh termasuk apel lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami tekanan darah tinggi. Dan Studi Kesehatan Wanita menunjukkan bahwa wanita yang makan apel selama periode studi tujuh tahun memiliki penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. 

Akhirnya, sebuah penelitian Kamu menemukan bahwa makan apel dan pir dikaitkan dengan risiko stroke 52 persen lebih rendah berkat seratnya yang tinggi dan flavonoid yang disebut quercetin. 

2. Meningkatkan kesehatan otak 

Sekelompok empat penelitian besar yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer pada tahun 2017 menambah bukti bahwa makan makanan nabati dapat membantu mencegah demensia. 

Dalam salah satu penelitian, peneliti Swedia yang mengikuti 2.000 orang selama enam tahun menemukan bahwa mereka yang menjalani diet yang disebut Nordic Prudent Dietary Pattern (NPDP) memiliki fungsi kognitif yang lebih baik daripada orang yang makan lebih banyak makanan olahan berlemak. 

Antara lain, NPDP menyerukan untuk makan banyak sayuran non-akar, ditambah pir, persik, dan apel. Dalam studi lain, orang dewasa sehat yang mengikuti Mediterania atau dietMIND, keduanya stres makan buah dan sayuran segar, menurunkan risiko demensia sebesar 30 hingga 35 persen. 

Semakin lama mereka mengikuti diet, semakin baik fungsi kognitif mereka. Para ahli menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi hasilnya terlihat menjanjikan. 

3. Dapat membantu Kamu menurunkan berat badan 

Satu apel berukuran sedang dapat membantu memenuhi kebutuhan Kamu di bawah 100 kalori, jadi tidak mengherankan jika apel dapat membantu menurunkan berat badan. Ternyata bentuk apel yang Kamu makanlah yang diperhitungkan. 

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dan lebih puas daripada orang yang makan saus apel, jus apel, atau tanpa apel sama sekali. Studi yang sama juga menemukan bahwa memulai makan dengan irisan apel membantu orang makan rata-rata 200 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang melewatkan irisan apel. Jenis apel apa yang Kamu makan juga bisa membuat perbedaan. 

Satu penelitian hewan menarik yang diterbitkan dalam Food Chemistry menunjukkan bahwa apel Granny Smith memiliki lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak senyawa yang tidak dapat dicerna, termasuk serat yang terasa penuh dibandingkan dengan McIntosh, Golden Delicious, dan varietas umum lainnya. 

Senyawa ini juga membantu memberi makan bakteri usus yang sehat, berpotensi menurunkan risiko beberapa masalah terkait obesitas. Prebiotik dalam apel memberi makan bakteri usus yang baik: sebuah studi laboratorium baru-baru ini mengamati secara khusus bagaimana kita mencerna nutrisi di seluruh kulit apel dan menemukan peningkatan Bifidobacteria, anggota mikrobioma kita yang bermanfaat. 

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 

Angka-angka berbicara sendiri. Dalam tinjauan studi yang ekstensif, para Tufts penelitimencatat hubungan yang kuat antara makan apel dengan pencegahan diabetes, menemukan bahwa orang yang makan satu atau lebih apel sehari memiliki risiko 23% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada pemakan non-apel. 

Dalam penelitian lain terhadap lebih dari 38.000 wanita sehat, mereka yang makan satu atau lebih apel sehari memiliki risiko 28 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada yang tidak makan apel. Dan dalam tinjauan data dari lebih dari 187.000 orang yang terlibat dalam tiga studi jangka panjang, 

Harvard peneliti menemukan bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi seminggu blueberry, anggur dan, ya, apel menurunkan risiko diabetes mereka sebesar 23 persen, dibandingkan untuk orang-orang yang memiliki satu porsi atau kurang sebulan. 

Para ahli mengatakan serat buah membantu menstabilkan gula darah. Flavonoid, sejenis antioksidan, juga memainkan peran penting. 


5. Melawan kanker 

Pelawan apel antioksidan Aktivitashampir menempati urutan teratas di antara buah-buahan (kedua setelah cranberry). Makan apel sehari (atau lebih) dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kolorektal, payudara, dan prostat. 

Faktanya, analisis dari beberapa penelitian di Italia menemukan bahwa makan satu atau lebih porsi apel sehari membantu menurunkan risiko kanker kolorektal lebih banyak daripada makan buah lainnya. 

Studi lain pada manusia telah menemukan bahwa makan apel dapat membantu dalam mencegah kanker paru-paru dan prostat. Namun, jangan membuang kulitnya, di situlah sebagian besar antioksidan penangkal kanker ditemukan.

Itulah nutri dan manfaat buah apel bagi kesehantan tubuh. Untuk kamu yang saat ini mencari informasi seputar beasiswa dan perguruan tinggi, bisa berkunjung di Belajar Bersama . Share ke teman-teman kamu jika bermanfaat. Good Luck

Post a Comment for "5 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh "